Main Menu

Blender - Navigasi View Menggunakan Keyboard


Navigasi dalam blender berfungsi mengarahkan pandangan kita terhadap object dan adegan di dalam editor 3D View. Dengan navigasi sobat dapat mengoperasikan perspektif kita dari sudut pandang manapun.

berikut adalah Editor : 3D view


Jadi ibaratkan 3D View adalah studio yang di dalamnya terdapat barang dan bangunan untuk adegan dan user perspektif adalah kita sebagai designer/dekorator yang berpindah-pindah bekerja mendekorasi dan membentuk isi ruangan. dalam hal ini navigasi ibaratkan menjadi alat gerak bagi designer/dekorator sebagai :
- kaki (berpindah tempat)
- kepala (menengok dan mengarah kemanapun)
- cameraman / camera perspective (melihat apakah camera sudah ada pada tempat dan arah yang tepat)

Untuk saat ini kita bahas tentang navigasi menggunakan tombol-tombol di keyboard.
Navigasi di blender menggunakan tombol Num Pad atau Number Pad di keyboard. Sampai disini diantara agan pasti ada yang ingin bertanya "apa itu tombol NumPad ??" "Dimana letak tombol NumPad ??" tenang-tenang sob ane akan kasih tau kok.

Num pad / Numb pad / Number pad : adalah kumpulan tombol yang berfungsi khusus mengetik angka beserta operasi matematika seperti tambah, kurang, kali, bagi. Posisi antar angka dan operasi tersebut didesign mudah seperti kalkulator. tentu hal ini mempercepat pengguna komputer yang suka mengobok-obok angka (misalnya karyawan kasir, bank, dll)
sedangkan Num Lock / NumLk / NumbLk / Number Lock : sebagai kunci untuk aktivasi atau mematikan dari fungsi tombol - tombol Num pad.


■ Letak Tombol Number Pad di Keyboard

Letak tombol Num Pad di PC dengan Laptop biasanya berbeda (terutama laptop dengan layar 15 inch dan yang lebih kecil) bahkan cara aktivasi tombol num lock setiap komputer kadang juga berbeda :).

Number Pad di keyboard PC

biasanya di PC atau Laptop di atas 15 Inch NumPad posisinya paling kanan

Number Pad di keyboard Laptop

Untuk laptop biasanya menyatu dengan tombol alfabet. perhatikan di pojok tombol-tombol tersebut terdapat angka-angka dan simbol operasi matematika. (dalam contoh yang berwarna biru)

Beberapa laptop yang pernah saya temui tidak memiliki NumPad. Untuk sobat yang mengalaminya saya punya 2 alternatif yaitu :
1. Menggunakan external keyboard yang memiliki NumPad / NumPad eksternal


■ Mengaktifkan Tombol Number Pad

NumPad harus di aktivasi terutama pada Laptop, biasanya kalo di PC sudah aktif otomatis saat komputer dinyalakan (lihat lampu indikasi numlock biasanya lampunya terdapat icon "1") kalau lampu numlock nyala berarti aktif, kalau lampunya mati berati mati / tidak aktif.

Mengaktivasi dan mematikan fungsi Num pad adalah dengan tombol Num Lock . Ya , karena tombol tersebutlah sebagai kunci untuk mengatifkan fungsi tombol-tombol Num Pad. Cara mengaktifkan Num pad juga berbeda beda setiap komputer

Cara meng-aktifkan NumPad
klik gambar untuk memperbesar

untuk laptop ada 2 cara tergantung pada laptop masing-masing
  • Jika Fn dan NumLk punya warna yang sama tekan Fn + NumLk
  • Jika Fn dan NumLk memiliki warna berbeda berarti sobat tinggal tekan NumLk saja
untuk PC hanya tekan tombol Num Lock saja

Sekarang perlu diketahui apakah Number Lock agan sudah menyala atau masih mati ?? (atau justru yang sebelumnya nyala malah sobat matikan :D )??

Tanda-tanda NumLk nyala atau Mati


apabila salah satu dari 3 tanda tersebut ada berarti agan bisa pastikan bahwa NumLock komputer agan nyala / mati.

Fungsi tombol keyboard pada Num pad berbeda saat Num lock aktif atupun mati.
untuk itu sebelum anda bekerja ataupun mau update status di sosial media perhatikan kondisi NumLock anda.
Penting : mematikan Number Lock caranya sama seperti menyalakannya :)

fungsi tombol di area numlock ketika On / Off untuk Laptop


Tuh kan bayangkan sobat chating / bikin status di sosial media dengan NumLock masih On jadi Alay kan tulisannya?. maka dari itu ketika sobat sedang main aplikasi Blender sambil mengetik pastikan Numlock pada kondisi yang benar.

Ketika Numlock = On maka tombol yang berada di areal numlock akan berubah fungsi menjadi angka dan operasi matematika seperti yang tertera di tombol itu sendiri.

Penting : dalam penggunaan navigasi di blender tombol angka pada Numlock berbeda dengan tombol angka pada area Caption Lock (Caps Lock).



khusus navigasi di blender
angka 123 sampai 9 di Numlock  berbeda fungsinya dengan 
angka 123 sampai 9 di CapsLock (yang berjejer di atas tombol QWERTY )


■ Fungsi Num Lock di Blender

Jika tadi Num Lock yang fungsinya berubah jadi angka dan operasi matematik. apakah kalo di blender juga jadi operasi matematika ngitung2 gitu ? hahaha enggak lah (tenang buat yang suntuk sama matematika di sekolah :D )
Fungsi numb pad di blender adalah untuk navigasi di editor 3D view, jadi kita dapat mengubah tempat dan pandangan kita dalam bermain 3D.

fungsi Num Lock di blender

Penting : semua tombol ini dapat bekerja hanya ketika pointer mouse berada di dalam area editor 3D view

Masih bingung ?, mari kita bahas satu persatu :) !

■ Orbit dan Pan (Geser)

Orbit dan Pan adalah navigasi yang paling sering saya gunakan di blender. Lihat gambar di atas "fungsi Num Pad di blender" tombolnya yang saya beri warna hijau.Ya !, tombolnya adalah 2, 4, 6, 8 (num lock)


tombol keyboard yang berfungsi Orbit dan Pan

Oke deh gan, langsung kita praktikan.. semua jalankan Blendernya dan kita coba tombol-tombol tersebut

Orbit : 6, 8, 4, 2
gambar animasi gif (tunggu hingga load selesai)
Orbit gerakannya agak melengkung, perhatikan gambar di atas user perspective mengitari (orbit) kubus

Geser (Pan) : Ctrl + 6, Ctrl + 8, Ctrl + 4, Ctrl + 2
gambar animasi gif (tunggu hingga load selesai)
Gambar di atas, user perspective dapat bergeser ke kanan, atas, kiri, bawah

Udah di coba semuanya sob ?, sekarang sobat sudah tau caranya Orbit dan Pan. Lanjut gan masih banyak navigasinya.

■ Melihat dari salah satu sumbu (XYZ)

Kaya pelajaran matematika ya gan? tenang ini jauh lebih mudah dipelajari dari pada matematika yang sobat pelajari di sekolah kok.
Dalam bangun dan ruang 3D terdapat 3 sumbu atau arah atau (apalah terserah sobat menyebutnya) yaitu XYZ. biar mudah nyebutinnya mendingan dapat di ganti dengan istilah Kanan KiriDepan Belakang, dan Atas Bawah. gimana trik ane lebih gampang di bayangkan kan sob?

tombol keyboard yang dapat melihat dari perspektif sumbu


gak usah di hafalkan gan, ntar pas di praktikin tau sendiri :)

Yuk kita coba tekan Num Pad : 1, 3, dan 7
gambar animasi gif (tunggu hingga load selesai)
gimana punya agan bisa jugakan ?
catatan : bagi pemula object yang disediakan blender pertamakali adalah cube (kubus), monyet di atas hanyalah sebagai object contoh agar tampak terlihat dari depan, kanan, atas, dsb

Sekarang kita lakukan seperti di atas dengan menambahkan Ctrl
sehingga : Ctrl+1, Ctrl+3, dan Ctrl+7
gambar animasi gif (tunggu hingga load selesai)
dan hasilnya adalah berlawanan dengan yang tanpa Ctrl :)
yang depan jadi belakang
yang kanan jadi kiri
yang atas jadi bawah

Sobat sekarang dapat memiliki pengertian dan kesimpulan sendiri dari apa yang admin maksud "melihat dari salah satu sumbu (XYZ)"

■ Mengubah proyeksi perspective dan orthographic

Jangan panik atau bingung dengan istilah-istilah ini, kalau pusing tidak harus di hafalkan kok. Entar kalo sudah bisa sobat boleh menyebutnya dengan bahasa sobat sendiri, yang penting tau dari fungsi tombol untuk navigasi di blender dulu.

Tombolnya cuma satu yaitu tombol Num Pad 5
tanpa basa-basi sobat tekan tombol ini dan lihat apa yang terjadi !


Apa bedanya ya, perspektif dengan ortografis ?



Penting : proyeksi Perspective dan Orthographic bukanlah zoom. kebanyakan pemula yang saya temui menganggap perspective dan orthographic adalah zoom karena melihat perubahan seperti gambar di atas. tapi sebenarnya bukan zoom.

untuk mengetahui lebih lanjut lihat gambar di bawah.
tidak usah di praktikkan ! ini hanya contoh bila di perlakukan pada 9 cube (kubus) yang tertata sedemikian rupa



Perspective : ini sama seperti dalam kehidupan kita, misalnya kamera atau mata kita yang melihat alam ini
arah pandang camera menyebar, sehingga semakin jauh benda terlihat semakin mengecil. lihat kubusnya yang perspective mengecil bukan?

Orthographic : ini sama seperti gambar bluprint, sketsa gambar arsitektur (yang bukan 3D), scanner, dll. arah pandang camera lurus dan paralel, sehingga semakin jauh benda tetap terlihat sama seperti yang dekat. lihat kubusnya yang orthographic baik dekat maupun jauh ukurannya sama bukan?


■ Zoom In dan Zoom Out

Kalau proyeksi Pers dan Ortho bukan zoom maka disini baru di bahas tentang zoom :)

tombol keyboard yang dapat di gunakan untuk zoom : Num pad + dan Num pad -

Langsung praktikan aja sob, tekan tombol itu sekarang !
gambar animasi gif (tunggu hingga load selesai)
Tuh keren bisa mendekat dan menjauh :)

■ Fokus pada Object dan Local Editing

Fokus pada object maksudnya mengarahkan perspektif kita ke object yang di select dan Local editing adalah mengedit pada object yang di select saja. Ini memungkinkan sobat untuk melakukan navigasi secara cepat untuk mengedit suatu object yang terseleksi.

tombol yang dapat fokus dan local editing pada object
tombol "/" (divide) punya dua fungsi sekaligus, selain fokus juga sekaligus local editing.

Kita praktikan tombol dot ( . ) terlebih dahulu
Pertama sobat buka blender cube sudah otomatis ter-select kemudian tekan tombol dot (.) sehingga perspective user akan fokus ke cube tersebut seperti gambar berikut.

gambar animasi gif (tunggu hingga load selesai)


berikut yang terjadi jika saya menyeleksi object lain (misalnya camera sebagai contoh) kemudian tekan tombol dot (.) sehingga perspective user akan fokus ke camera
Catatan : Cara me-select = klik kanan pada object

gambar animasi gif (tunggu hingga load selesai)
lihat yang terjadi user perspective fokus kepada object yang di select

Beralih ke tombol divide ( / ) yang memfokuskan sekaligus mengubah menjadi local editing
ikuti gambar di bawah dan praktikan :



Sekarang sobat sudah menguasai fokus pada object dan local editing

■ Pan dan Walk Navigation menggunakan pointer mouse

Pan (geser) disini berbeda dengan tombol Ctrl + 6, Ctrl + 8, Ctrl + 4, Ctrl + 2 yang telah di bahas di atas. yang dimaksud pan ke pointer mouse disini adalah pan yang secara otomatis mengikuti pointer / cursor mouse.
Track (hadapan) bagaikan kita menengok ke atas, bawah, kiri, dan kanan tetapi posisi kita diam di tempat. track disini juga secara otomatis akan mengikuti pointer / cursor mouse.

Catatan : khusus untuk pembahasan pan dan track ke pointer mouse ini tidak menggunakan tombol di area Num Lock namun kita menggunakan berbagi kombinasi tombol dengan tombol "F"

tombol keyboard yang berfungsi pan dan track ke pointer mouse



Langsung praktik aja sob !
arahkan pointer mouse di suatu tempat dan tekan Alt + F
Penting : pointer mouse harus tetap dalam layar 3D view. tombol tidak berfungsi sebagaimana harusnya bila pointer berada di luar 3D view

Alt + F = Pan ke arah pointer mouse
gambar animasi gif (tunggu hingga load selesai)

Sudah tahu bagaimana pan (geser) ke arah pointer mouse dan sekarang lanjut ke walk navigation. maksudnya disini bukan berarti kita seolah sedang berjalan, tetapi seperti menengok.

Sekarang coba sobat tekan Shift + F dan arahkan mouse sesuka hati.

gambar animasi gif (tunggu hingga load selesai)
Cukup tekan Shift + F sekali saja dan user view akan mengikuti pointer mouse sobat, jika view sudah pada arah yang sobat inginkan tinggal klik sehingga walk navigation akan berhenti :)


■ Masuk dan Keluar sebagai Camera perspective

Supaya tidak rancu dalam membahas camera sebaiknya sobat mengetahui hal ini terlebih dahulu :
Camera view / Object Camera / View as Camera berbeda dengan User perspective / User View / User Camera.

Berikut penjelasannya


Jika sudah tau perbedaan Camera View dan User View lanjut untuk mengetahui cara masuk dan keluar sebagai Camera View. lho untuk apa masuk ke camera view ?. jadi fungsinya kita bisa lihat apa yang dilihat camera sehingga kita tau posisi dan arah kamera sudah pas apa belum untuk merekam / memotret object.

Tombol yang berfungsi untul keluar masuk dari Camera perspective adalah NumLock "0"




Seperti biasa, langsung praktik !
coba sobat tekan Numlock 0

gambar animasi gif (tunggu hingga load selesai)
setelah tekan Num pad 0 kita masuk ke dalam camera view
saat itu kita melihat sebagai camera
tekan Num pad 0 sekali lagi untuk keluar dari camera view menjadi user view

Bagaimana kalau cameranya lebih dari 1 ?. Tentunya render hanya dilakukan pada satu camera yaitu camera yang sedang aktif (disebut active camera)

cara mengaktifkan camera : select salah satu camera kemudian tekan Ctrl + NumLk 0 untuk mengaktifkannya

Catatan : bagi pemula tidak usah mempraktikan gambar di bawah. berikut hanyalah contoh apabila terdapat 3 buah camera dan cara untuk mengaktifkan camera lainnya

gambar animasi gif (tunggu hingga load selesai)
selain masuk ke dalam camera view sekaligus mengaktifasi camera yang di select

Gimana sob, navigasi blender gampang kan? kita belum selesai sob, masih ada navigasi menggunakan mouse pada tutorial selanjutnya :

Tutorial Blender - Navigasi Menggunakan Mouse






Ada tambahan, pertanyaan, kritik, atau saran ?
berikan komentar sobat :)




Tidak ada komentar :

Posting Komentar