Main Menu

Blender - Pengenalan Tipe Object

Oke apabila sudah menguasai Navigasi di Blender kita lanjut dengan mengenal tipe object. dalam blender terdapat banyak Objects Type / tipe obyek yang masing-masing memiliki fungsi tersendiri. Mari kita jalankan aplikasi blender.

perhatikan editor 3D view. pada tampilan default blender saat anda pertama kali menjalankannya anda akan di sediakan tiga object yaitu Cube, Lamp, dan Camera.

rata-rata orang awam tidak tahu nama atau fungsinya dari ketiga objek tersebut

masih ada banyak object dan tipe object lain di blender. Kita dapat melihat seluruh tipe object dengan cara klik Add pada menu bar.

Gambar di atas adalah tipe object yang tersedia di blender, untuk mengetahui object yang termasuk ke dalam tipe tersebut arahkan pointer ke salah satu tipe object tersebut.

Banyak tipe object dan objectnya, Tenang sob semuanya akan dijelaskan di bawah :)

Note : dalam tutorial berikut ini hanya pengenalan object di dalam blender. Anda boleh mencoba menambahkan ataupun tidak.

● Mesh

Mesh adalah objek terdiri dari  Polygonal Faces (bidang), Edges (batas / garis) dan Vertices (simpul), semuanya dapat diedit dengan editing tools di Blender.



Kita disediakan 10 bentuk Object dalam tipe Mesh

klik gambar untuk memperbesar

● Curve

Curve / Kurva adalah Object Matematis yang dapat memanipulasi vertices dengan control handles atau control points.


klik gambar untuk memperbesar

● Surface

Surfaces / permukaan patch empat sisi yang termanipulasi dengan control points. Ini berguna untuk bentuk yang organik dan melingkar tetapi sederhana.


klik gambar untuk memperbesar

● Metaball

Metaball adalah object yang membentuk formasi berdasarkan volume 3D.


klik gambar untuk memperbesar


 Metaballs dapat membuat blobby atau bentuk-bentuk seperti benda cair (liquid), ketika dua atau lebih metaballs berdekatan seperti pada gambar di bawah.


● Text

Pasti sobat semua sudah tau dari namanya. Text atau teks berfungsi menambahkan tulisan 2D


klik gambar untuk memperbesar

● Armature

Armature adalah object yang digunakan untuk memberi sendi pada 3D model agar model dapat berpose dan teranimasi.



Armature digunakan pada karakter dan benda yang bersendi / dapat di gerakkan.
berikut contoh, armatur membengkokkan persegi panjang.

● Lattice

Lattice adalah wadah sederhana yang dapat merubah bentuk object sesuai bentuk lattice.





● Empty

Empty adalah object kosong sebagai visual transform node jadi Empty membantu mengendalikan posisi atau gerakan benda lainnya. Sesuai namanya, empty tidak dapat di render.




● Speaker

Speaker adalah object yang berfungsi menambahkan suara dan mengatur letak suara.



● Camera

Camera adalah kamera virtual yang menentukan apa yang muncul dalam render.


Berikut adalah kamera dan monkey dan gambar di bawahnya adalah hasil render camera terhadap monkey
istilah lainnya camera memotret si monkey


● Lamp

Lamp atau Lampu adalah tempat sumber cahaya pada adegan sobat. dalam tipe lamp terdapat banyak object lampu yang sobat dapat gunakan dalam menerangi object.

terdapat enam lampu yang cara meneranginya berbeda-beda

Point Lamp : cara penerangan sama seperti lampu sobat di rumah, yaitu cahaya dari satu titik menyebar ke segala arah.

Sun Lamp : Cara menerangi seperti matahari arah cahaya berbentuk orthograph / sejajar.

Spot Lamp : fungsinya seperti lampu pada panggung drama Lampu ini memiliki batasan derajat arah cahaya

Hemi Lamp : fungsinya seperti lampu hemi di studio (biasanya yang pake payung), sesuai namanya lampu ini menerangi 180 % di hadapan mukanya jadi tidak menerangi yang di belakangnya. 

Area Lamp : fungsinya menerangi area, arah cahanya hampir orthograph


sebenarnya masih ada 2 tipe object lagi di versi blender yang saya pakai (Blender 2.68) yaitu

● Force Field
● Group Instance
berhubung ini untuk pemula saya akan menuliskannya saat punya cukup waktu untuk memperlajari dan menulis tentang Force Field dan Group Instance.

Tutorial Selanjutnya (Sedang Di Rilis)



Sekian dan Terimakasih
Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar